PEMPRI Gelar Festival Dangdut 2,  Ratusan Peserta Antusias Daftarkan Diri

Selasa, 08 Agustus 2023 - 19:44:30 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Persatuan Musisi dan Penyanyi Riau (PEMPRI) menggelar Festival Dangdut 2 se-Provinsi Riau,  di Ketemu Cafe, Jalan Letkol Hasan Basri Kota Pekanbaru.

Ketua PEMPRI, Zul Madas, Selasa (8/8/2023) menjelaskan, babak penyisihan Festival Dangdut 2 ini digelar selama 3 hari, dimulai 7 Agustus hingga 9 Agustus 2023. Babak final akan diadakan 21 Agustus mendatang di Areal Dinas Pariwisata Riau,  Bandar Serai Pekanbaru.

Festival diikuti 140 peserta putra dan putri yang datang tidak hanya dari Pekanbaru, tapi juga dari Siak, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri, Meranti, Kuansing, Rohil dan Bengkalis. "Bahkan ada peserta yang datang dari Palembang Sumatera Selatan dan Padang, Sumatra Barat," ujar Zul Madas.

Tampil sebagai band pengiring Festival adalah Taufik Dangdut Band. Sedangkan Dewan Juri terdiri dari para musisi Riau yang sudah teruji kemampuannya antara lain, Vivin Novita, Nadia Prada Sari, Muhammad Yusuf, Edi (Bro) Irham, Cici Kurniawan, Mariam Suregar dan Karin Nauli Tobing. Para pemenang disediakan uang tunai sebesar Rp20 juta ditambah bingkisan dan piagam.

Dalam acara ini PEMPRI menggandeng Madas Entertainment, Izakqi Studio, Dinas Pariwisata Riau dan Bank Riau Kepri (BRK) Syariah. Peserta yang ikut lomba, mulai umur 15 tahun sampai 45 tahun. Selama dua hari acara (babak penyisihan) peserta tampak bersemangat dan antusias, meski cuaca kota Pekanbaru cukup panas.

Ketua PEMPRI, Zul Madas mengatakan, dari 140 peserta dalam babak penyisihan tiga hari ini, akan dipilih 30 peserta terbaik pria maupun wanita. "Dari 30 peserta ini dalam babak selanjutnya yang diadakan di Taman Budaya Riau, Pekanbaru, 13 Agustus mendatang, akan dipilih 10 penampil terbaik, " kata Zul.

Dijelaskannya, 10 terbaik itu nantinya akan dipilih lagi mulai dari juara pertama sampai tiga. Kemudian tiga juara harapan terbaik dan 4 lainnya pemenang favorit. Peserta Dangdut 2 ini, jauh lebih banyak dari Festival Dangdut yang diadakan PEMPRI sebelumnya. Maka pemuncaknya dipilih 10 orang.

Zul menambahkan, dalam malam final nanti akan hadir ada dua anak Riau yang pernah ikut Dangdut Academi 5 Indosiar, yakni Nuri dan Mardon. "Untuk itu saya mengharapkan masyarakat Riau bisa hadir di malam final 21 Agustus 2023 malam di Bandar Serai, Pekanbaru. Gratis, " jelas Zul sambil tersenyum.

Acara ini juga dalam rangka memeriahkan Hut Provinsi Riau ke-66 dan Hari kemerdekaan RI ke-78. Banyaknya peserta, ujar Zul, karena panitia juga tidak memungut uang pendaftaran. "Memang kami gratiskan, untuk mencari bakat-bakat baru di Riau, khusus untuk penyanyi Dangdut, " katanya.(rls).

Laporan : S.A Pasaribu 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex